Minggu, 14 Desember 2008

Dampak Pertumbuhan Komputer ( Tugas PTI )

tugas ini berkelompok , kebetulan kelompok aku cuma ada 2 orang , sebenarnya itu sangat lebih menyenangkan dibandingkan harus berkelompok dengan lebih dari 5 orang ... ribet ... ira dan tiara memilih "dampak pertumbuhan komputer dan internet" . dalam Tugas ini kami harus mempresentasikan tugas kami .. untung lah kami berdua menguasai bahan , alhasil kami dapat presentasi dengan lancar dan lagi kami dapat menjawab semua pertanyaan dari kawan-kawan . Dan yang paling menyenangkan ..... nilai presentasi kami 90 per individu , yang artinya kami sukses !!!

bahan-bahan tugas kami ini mungkin tidak banyak .. namun menurut saya itu semua sudah mencakup dan mewakili keseluruhan .

Dampak Pertumbuhan Komputer
Definisi Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Manfaat komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah , mempecepat pekerjaan –pekerjaan manusia diantaranya adalah :
1.Bidang Pendidikan
Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah,dll.
2.Bidang Kesehatan
Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X
3.Bidang Transportasi
Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer
Dll.

DAMPAK PERTUMBUHAN KOMPUTER

Sisi Positif dan negative komputer

kemunculan teknologi komputer sendiri sesungguhnya bersifat netral. Pengaruh positif atau negatif yang bisa muncul dari alat ini tentu saja lebih banyak tergantung dari pemanfaatannya. Bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan, pengaruhnya bisa jadi negatif.Sebaliknya, komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak.Diantara manfaat yang dapat diperoleh adalah penggunaan perangkat lunak pendidikan seperti program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya. Tambahan pula, kini perangkat pendidikan ini kini juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment) yang sesuai dengan materi, sehingga anak semakin suka.
Dalam kaitan ini, komputer dalam proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi
Namun, sisi negatif penggunaan komputer tak juga bisa diabaikan. Salah satunya adalah dari kemungkinan anak, kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orangtua, ‘mengkonsumsi’ games yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas. Banyak pakar pendidikan mensinyalir bahwa games beraroma kekerasan dan agresi ini adalah pemicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis pada diri anak.

Akses negatif lewat internet

Pengaruh negatif lain, adalah terbukanya akses negatif anak dari penggunaan internet. Mampu mengakses internet sesungguhnya merupakan suatu awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak. Sayangnya, anak juga terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri internet.Meski demikian, mengajarkan internet bagi anak di zaman sekarang merupakan hal penting. Hanya saja, demi mencegah dampak negatifnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan orangtua.

Pertama:
Orangtualah yang seharusnya mengenalkan internet pada anak, bukan orang lain. Mengenalkan internet berarti pula mengenalkan manfaatnya dan tujuan penggunaan internet.

Kedua:
Gunakan software yang dirancang khusus untuk melindungi ‘kesehatan’ anak. Misalnya saja program nany chip atau parents lock yang dapat memproteksi anak dengan mengunci segala akses yang berbau seks dan kekerasan.

Ketiga:
Letakkan komputer di ruang publik rumah, seperti perpustakaan, ruang keluarga, dan bukan di dalam kamar anak. Meletakkan komputer di dalam kamar anak, akan mempersulit orangtua dalam hal pengawasan.

Cegah Kencanduan

Pengaruh negatif lain bagi anak, menurut , adalah kecendrungan munculnya ‘kecanduan’ anak pada komputer. Kecanduan bermain komputer ditengarai memicu anak menjadi malas menulis, menggambar atau pun melakukan aktivitas sosial. Kecanduan bermain komputer bisa terjadi terutama karena sejak awal orangtua tidak membuat aturan bermain komputer. Seharusnya, orangtua perlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu bermain komputer.

Peran Penting Orang Tua

Menimbang untung ruginya mengenalkan komputer pada anak, pada akhirnya memang amat tergantung pada kesiapan orangtua dalam mengenalkan dan mengawasi anak saat bermain komputer. Karenanya, kepada semua orangtua, kembali mengingatkan peran penting mereka dalam pemanfaatan komputer bagi anak.

Pertama:
berikan kesempatan pada anak untuk belajar dan berinteraksi dengan komputer sejak dini. Apalagi mengingat penggunaan komputer adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari pada saat ini dan masa yang akan datang.
Kedua:
perhatikan bahwa komputer juga punya efek-efek tertentu, termasuk pada fisik seseorang. Karena perhatikan juga amsalah tata ruang dan pencahayaan. Cahaya yang terlalu terang dan jarak pandangan terlalu dekat dapat mengganggu indera penglihatan anak.
Ketiga:
pilihlah perangkat lunak tertentu yang memang ditujukan untuk anak-anak. Sekalipun yang dipilih merupakan program edutainment ataupun games, sesuaikan selalu dengan usia dan kemampuan anak.

Contoh Dampak Positif Dan Negatif Komputer

Bu Endang merasa beruntung anak-anaknya ‘bersahabat’ dengan komputer sejak dini. Fatih (9), anaknya yang pertama, tak hanya senang bermain games, namun juga lancar mengoperasikan berbagai program olah kata dan angka. Sementara adiknya, Nadia (4) yang baru belajar mengenal komputer, sudah asyik menjajal program pendidikan dalam mengenal warna dan bentuk saja. Fatih kini pintar matematika lantaran sering berlatih dengan bantuan komputer. Sementara Nadia punya banyak kosakata bahasa Inggris juga lantaran sering bermain komputer.
Tetapi, Ibu Rahmi justru merasa punya masalah dengan 'keakraban' anaknya dengan komputer. Menurutnya, Rizki (7 tahun) kini lebih sukai ‘bermain’ dengan komputernya daripada dengan teman-temannya,sehingga ia tak mempunyai teman. Rizki bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk bermain games. Ia juga malas bila diajak menulis atau menggambar. Tak heran, tugas menggambar di sekolah tidak pernah dikerjakannya sampai tuntas. Tetapi, untuk menggambar di komputer ia sangat pandai. Maklum, dengan satu dua klik-an saja, ia sudah dapat menggambar dan mewarnai dengan sempurna.



7 komentar:

pypyn :) mengatakan...

wewww... adorable !
keren bgd.
hahahha.

thanks vo ur info darlaaa :)

Unknown mengatakan...

Pertama diminta baca blog ini, ketemu tulisan yang serius ini... selain tulisan santai lainnya.

Kalau mau riset lebih dalam lagi, tidak lama lagi penguasaan dan akses internet sudah lebih bebas lagi dengan netbook dan ponsel yang makin mampu mengakses internet secara mobile.

Ada dampak positif baru dan juga ada dampak negatif baru.

Unknown mengatakan...

seperti kata sanko, lebih dalam lagi risetnya mbak, dan akan lebih banyak asumsi positip negatip dari berbagai sudut pandang..

kecuali situ sedang kejar tayang..

ARahmadi mengatakan...

Menarik sebagai awal. Sebagai penuls pinggiran, yang Alhamdulillah bisa ke LN gara-gara menulis, saya pingin komen dampak positipnya:

1. Bisa ke LN gara-gara internet (kompetisi online, termasuk blogging).
Contoh: chezpim.typepad.com dan stickyrice.typepad.com, dua blogger dikontrak oleh Discovery untuk jalan-jalan ke LN mencicipi berbagai makanan di LN.

2. Bisa sekolah lagi gara-gara internet (info beasiswa, daptar beasiswa).

3. Dapat bahan ngajar dan ngerpek tugas dari internet (that's so me!)

4. Dapat teman dari seluruh penjuru dunia (Facebook, FS)

5. Memulai bisnis niche (kecil-kecilan) yang bisa menghasilkan devisa (jual langsung ke LN).

6. The power of information in your hand! Dari internet, informasi bisa diakses: Google, sciencedaily, scienceamericana, dsb.

7. Belajar bahasa lain jadi mudah: Inggris, Perancis, Spanyol, Russia, Latin, semuanya semudah baca dan praktekkan di Internet.

Supaya gak terlalu panjang, drawbacknya satu aja:
1. Anti-sosial dan kepribadian ganda. Kadang "menciptakan diri yang ideal" di Internet, tapi tidak di dunia nyata.

Salam,

http://arahmadi.blogspot.com

Anton

miss curly geeitaa mengatakan...

waa ,,emg dampakkomputer keren ,,
cumakq sering disalahgunin yaa,,??
sayang bgd ,,
hhuuu ,,

i.R.a ! mengatakan...

wahhh mang sebenarnya bayak bgd dampak dari internet ... kemarin aku mang ga terlalu spesifik ngebicarain itu ... tapi makassiii koment nya ... wahhh dapat info dari guru besar nih ... mantebbbb .....

i.R.a ! mengatakan...

itu dia ta ... mungkin karena perkembangan nya juga sekarang gila-gila an ... mungkin ajh bentar lagi udah tanpa layar lagi serba nyata .. padahal itu teknology ... pasti dampak nya juga mengerikan ....